LEMBAR KERJA SISWA
BAB VI
SISTEM
PENCERNAAN MAKANAN
v
UJI ZAT
MAKANAN:
Standar kompetisi : Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan
tertentu,kelainan/penyakit yang mungkin
terjadi serta implikasinya pada saling temas.
Kompetensi
dasar : Menjelaskan keterkaitan
antara struktur, fungsi dan proses
serta kelainan penyakit yang dapat
terjadi pada sistem
pencernaan makanan pada manusia dan hewan.
Tujuan : siswa dapat menguji
keberadaan kandungan karbohidrat, protein,
lemak dan vitamin.
·
Karakter
siswa yang diharapkan:
Jujur, kerja keras, toleransi, rasa ingin tahu,
komunikatif, menghargai prestasi, tanggung jawab, peduli lingkungan.
·
Kewirausahaan/
ekonomi kreatif:
Percaya diri,berorientasitegas dan hasil
I.
ALAT DAN BAHAN:
A. Alat:
1. tabung reaksi
2. penjepit
tabung reaksi
3. rak tabung
reaksi
4. gelas kimia
5. kertas buram
6. pembakar
spirtus
7. pipet tetes
8. mortar dan
alat tumbuk
9. plat tetes
10.
gelas ukur
B. Bahan:
1. Larutan lugol
2. Larutan
bauret
3. Larutan
fehling A dan B atau benedik
4.
Berbagai makanan dan minuman
II.
LANGKAH KERJA:
1.
Membuat larutan makanan
a. Tumbuklah
sampel bahan makanan yang kering dan padat dengan menggunakan mortar sampai
menjadi halus.
b. Kemudian
berilah sedikit air dan aduk sehingga terbentuk semacam larutan. Masukanlah
setiap sampel larutan bahan makanan kedalam plat tetes dengan menggunakan pipet
teteskedalam 3 tabung reaksi (A, B, C) yang masing-masing setinggi 1cm.
2.
Uji amilum
a. Masukan
dua tetes lugol kedalam tabung reaksi A.
b. Amatilah
perubahan warna yang terjadi(larutan lugol berwarna biru tua terhadap reaksi
amilum).
3.
Uji glukosa
a. Masukan
5 tetes larutan fehling A dan larutan fehling B atau benedik kedalam tabung
reaksi B, kemudian di kocok agar homogen.
b. Panaskan
lah tabung reaksi tersebut diatas api dengan menggunakan penjepit tabung reaksi
lebih kurang 1 menit.
c. Amati
perubahan pada larutan fehling A dan B(warna merah bata terhadap reaksi
glukosa).
4.
Uji protein
a. Masukan
3 tetes larutan bauret kedalam tabung reaksi C, kemudian kocok agar homogen.
b. Amatilah
perubahan warna pada larutan bauret(larutan bauret warna ungu terhadap reaksi
protein).
5.
Uji lemak
a. Berilah
satu atau dua tetes larutan pada kertas buram biarkan hingga kering.
b. Amatilah
bekas tetesan larutan makanan pada kertas buram(kertas buram menjadi transparan
atau bernoda pada bekas tetesan terhadap reaksi lemak).
6.
Uji vitamin
a. Larutan
3 tetes lugol kedalam 200ml air.
b. Masukan
buah yang sudah dihaluskan kedalam larutan lugol.
c. Sebagai
kontrol larutan tablet vit. C dan tetesi larutan lugol.
7.
Lakukan uji kandungan makanan yang
berbeda sehingga memperoleh data:
No
|
Jenis bahan
makanan
|
Reaksi /
perubahan warna
|
Noda pada kertas
|
Noda pada kertas
hasil uji makanan
|
||||||
Lugol
|
Fehling A dan B atau
benedik
|
biuret
|
Amilum
|
Glukosa
|
Protein
|
Lemak
|
Vit
|
|||
1.
|
Petai
|
coklat
|
Coklat
|
Ungu
|
Tak membekas
|
-
|
-
|
+
|
-
|
+
|
2.
|
Nasi
|
Biru kehitaman
|
-
|
Hijau kebiruan
|
Tak membekas
|
+
|
-
|
-
|
-
|
+
|
3.
|
Mentega
|
Kuning keorenan
|
-
|
Hijau kehitaman
|
Membekas
|
-
|
-
|
-
|
+
|
+
|
4.
|
Susu
|
Coklat
|
Coklat
|
Ungu
|
Tak membekas
|
-
|
-
|
+
|
-
|
-
|
5,
|
Singkong
|
Hitam
|
Merah bata
|
Biru
|
Tak membekas
|
+
|
+
|
-
|
-
|
+
|
6.
|
Vit. C
|
Kuning
|
Kuning kehijauan
|
Hijau kebiruan
|
Tak membekas
|
-
|
+
|
-
|
-
|
+
|
7.
|
Jagung
|
Hitam
|
Kuning kehijauan
|
Biru
|
Tak membekas
|
+
|
+
|
-
|
-
|
+
|
8.
|
Jeruk
|
Coklat
|
Kuning kehijauan
|
Biru
|
Tak Membekas
|
-
|
+
|
-
|
-
|
+
|
9.
|
Tempe
|
Coklat
|
Coklat
|
Ungu
|
Membekas
|
-
|
-
|
+
|
+
|
-
|
10.
|
Keju
|
Coklat
|
ungu
|
Ungu
|
Membekas
|
-
|
-
|
+
|
+
|
-
|
11.
|
Mangga
|
Coklat
|
Kuning kehijauan
|
biru
|
Tak membekas
|
-
|
+
|
-
|
-
|
+
|
12.
|
Terigu
|
Hitam
|
Merah bata
|
Ungu
|
Tak membekas
|
+
|
+
|
+
|
-
|
-
|
Catatan : hasil uji makanan di isi tanda
(+) jika ada kandungan zat yang diuji dan (-) tidak ada.
III. PERMASALAHAN:
1.
Apa kegunaan larutan lugol, bluret,
fehling A dan B atau Benedik,eter?
2.
Apa warna larutan lugol, bluret, fehling
A dan B atau Benedik, eter?
3.
Perubahan apa yang terjadi saat larutan
bahan makanan di tetesi lugol, bluret, fehling A dan B atau benedik, eter?
4.
Dari hasil kegiatan uji makanan, zat
makanan apa yang terkandung?
5.
Bahan makanan apakah yang merupakan
sumber karbohidrat?
6.
Bahan makanan apakah yang merupakan
sumber protein?
7.
Bagi pekerja yang banyak menggunakan
tenaga fisik, bahan makanan yang bagaimana yang sangat mereka perlakukan?
8.
Pada masa pertumbuhan anak-anak, bahan
makanan manakah yang sangatdiperlukan?
9.
Apa warna larutan lugol akan berubah
warba setelah di campur dengan buah-buahan yang telah dihaluskan, mengapa
demikian?
10.
Bagaimana larutan lugol setelah dicampur
dengan tablet vitamin C?
Jawaban:
1.
-Lugol untuk menguji kandungan amilum
-Benedik untuk
menguji kandungan gula
-Biuret untuk
menguji kandungan protein
-eter untuk
menguji kandungan vitamin
2.
-Lugol berwarna coklat
-benedik berwarna
biru
-biuret berwarna
biru bening
-eter berwarna
coklat muda
3.
-Lugol perubahan warna biru kehitaman
-Benedik
perubahan warna ungu
-Biuret perubahan
warna merah bata
-etet perubahan
warna menjadi larut
4.
Amilum, Glukosa, Protein, Lemak, Vitamin
5.
Singkong, jagung, terigu, nasi, roti
6.
Keju, terigu, petai, tempe
7.
Bahan makanan yang mengandung karbohidat
8.
Pda masa anak2 bahan makanan yang
diperlukan adalah protein
9.
Karena buah-buahan banyak mengandund
amilum dan vitamin
10. Larutan
lugol setelah dicampur dengan tablet viatmin C akan menjadikan larut
DISUSUN
OLEH:
1.
Alin Herosi (04)
2.
Cahyo Nugroho (08)
3.
Endah Priyatin (11)
4.
Nafis Iim M (24)
5.
Sakti Aji F (30)
6.
Silfi Fakhirotul R (31)
SMA NEGERI 1 MAOS
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar